Masuk

Ingat Saya

Bagaimana melawan radikalisasi di dunia maya

Internet merupakan hutan rimba yang sangat luas. Kita tidak tahu apa yang akan ditemui di dalam rimba tersebut. Semua tulisan tersedia di sana dan belum ada cara pasti untuk memverifikasi apakah tulisan tersebut memang benar adanya ataukah masih dipertanyakan kebenarannya. Kelompok radikal telah lama menggunakan internet untuk menyebarkan propaganda kelompok mereka termasuk juga untuk merekrut anggota baru ataupun simpatisan baru. Lantas, bagaimana cara agar tidak terjebak di dalam kelompok radikal di dunia maya:

  • Apabila hendak mencari informasi tentang agama, jangan hanya mengandalkan internet. Tanyakan juga pada tokoh agama yang sudah dikenal untuk memastikan kalau kita tidak salah menafsirkan apa yang tertulis di dalam kitab suci.
  • Tidak semua yang tertulis di internet itu pasti benar. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memeriksa lagi apa pun yang tertulis di situs mana pun. Jangan menelan mentah-mentah tulisan apa pun di internet.
  • Tidak mudah terprovokasi dengan berita-berita yang menghasut. Sekali lagi, tidak semua yang tertulis di internet itu pasti benar. Pastikan untuk selalu memeriksa kembali kebenaran berita tersebut sebelum bereaksi ataupun menyebarkannya di media sosial.
  • Jangan mudah percaya dengan orang yang dikenal di dunia maya. On the Internet, nobody knows you’re a dog. Setiap orang bisa menjadi siapa pun di dunia maya, termasuk mengaku menjadi pemuka agama. Selalu waspada setiap kali diajak bertemu orang yang hanya dikenal di dunia maya.
  • Jangan menyebarkan data pribadi di internet. Data pribadi dapat disalahgunakan oleh orang jahat. Lebih berbahaya lagi apabila orang tersebut mengambil keuntungan ataupun menyalahgunakan data pribadi kita untuk tindakan terorisme.

#DamaiDalamSumpahPemuda

Dengan